Wednesday, March 26, 2014

Tips belanja murah di Turki




Ketika datang ke Turki, saya sarankan untuk tidak terlalu banyak membawa baju/sepatu/tas, karena Turki merupakan negara 4 musim, sehingga baju2 kita hanya akan dipakai pada saat musim panas saja, selebihnya harus akan wajib membeli baju/sepatu/tas di Turki untuk ke-3 musim lainnya.

Jadi lebih baik tas koper kita isi dengan daftar barang-barang "tidak resmi" yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya daripada dengan 
baju/sepatu/tas yang tidak akan terpakai. Baju/sepatu/tas bisa kita beli di Turki, dengan harga murah, karena Turki sering sekali memberikan diskon harga jika memang sudah tidak mode lagi atau jika sudah tidak musimnya lagi, kecuali yang berbahan kulit.

Artikel sebelumnya:
http://srizehraddc.blogspot.com.tr/2014/03/barang-barang-tidak-resmi-yang-harus.html,


Tips nya adalah:
1 Sebaiknya tidak membeli baju/sepatu/tas yang Model terbaru (yeni sezon) karena harganya akan sangat mahal sekali.

2. Sebaiknya tidak membeli sepatu yang hak tinggi (kecuali jika Anda memiliki kendaraan sendiri) karena daerah di Turki rata-rata naik turun, banyak turunan dan tanjakan, dan orang Turki kebanyakan suka berjalan kaki, sehingga sepatu ber-hak tinggi akan mengakibatkan kaki Anda cepat lecet. Beli lah sepatu yang ber-hak pendek saja (maksimal 3 cm) atau sepatu yang ber-hak datar, depan belakang sama tingginya.

2. Beli lah baju musim dingin pada saat musim panas, karena harganya akan sangat jatuh (sampai diskon 70% - 90% pun ada). Begitu pula sebaliknya, beli baju musim dingin ketika musim panas.

3. Khusus untuk jaket/sepatu/tas yang berbahan kulit, sebaiknya bawa dari Indonesia, karena harga fashion yang berbahan kulit di Turki harganya sangat melambung tinggi jauh terbang tinggi bersama mimpi... mirip lagunya Anggun C Sasmi.. hehe

4. Teliti sebelum membeli, terutama untuk jaket kulit, sarung tangan kulit, topi kulit, sepatu kulit dan barang-barang yang berbahan kulit lainnya, baca aturan pemakaian atau aturan mencucinya, dari bahan apa dibuatnya. Karena bisa saja, benda kulit yang Anda gunakan tersebut dibuat dari kulit Babi (domuz), maka akan haram digunakan oleh Muslim seperti kita.



Semoga bermanfaat !

2 comments:

  1. Mba sri salam kenal ΐYªª(•̃͡-̮•̃͡ ,aku utami dari semarang.mba boleh tau alamat email atau whatsappnya mba sri ngga?...soalnya sy mau minta tolong sm mba.sebelumnya Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga Tami.... kalau punya facebook lebih aman ngobrol di inbox facebook aja yaa, kalau saya pasang email disini takut semua orang kmr pesan... harap dimaklumi yaa.
      ini facebook saya : https://www.facebook.com/nurlu.zehra

      Delete