Friday, March 21, 2014

Adın ne? - Nama kamu apa?


APA NAMA TURKİ MU ???

Apakah perlu pake nama Turki ? 
Kenapa pake nama Turki ?
Kok mau maunya sih dikasih nama Turki ?
Memangnya nama asli kamu gak bisa diterima di Turki ?
Memangnya kamu gak suka dengan nama asli kamu ?
Kalau saya jadi kamu saya gakan mau pake nama Turki.
Sudah capek capek orang tua cari nama pake bubur merah bubur putih kok pake diganti nama segala.

Begitulah kira-kira pertanyaan dan pernyataan seputar nama Turki, ada yang suka, ada yang tidak suka, ada yang setuju, ada juga yang tidak setuju, bahkan ada juga sampai sekarang yang masih bingung pilih nama kalau orang Turki (terutama keluarga suami) menanyakan nama, apakah nyebut nama asli atau nyebut nama Turki.

Terlintas dalam benak saya untuk mengangkat topik ini, mengapa harus pake nama Turki, lalu saya coba diskusi dengan suami.

Berdasarkan jawaban suami saya tangkap sebagai berikut:
Nama Turki ini digunakan untuk keperluan non-formal saja, bukan untuk formal (mengurus surat2 ke dinas resmi tentu kita harus pake nama asli sesuai passport).

Sebetulnya jika nama kita sudah termasuk nama Islami, nama2 yang dicontohkan Nabi atau yg terkandung dalam Al-Quran (misalkan Aisyah, Aminah, Hadijah, Abdullah, İbrahim, Muhammad etc) maka tidak perlu diadakan penggantian (cari nama lain utk disebutkan jika ditanya oleh orang Turki). 

Maksud dari nama Turki disini sebetulnya adalah untuk mempersingkat waktu saja, karena, jika kita menyebutkan nama asli kita kepada orang Turki, akan panjang sekali ceritanya, mulai dari mengeja huruf2 yang harus ditulisnya hingga arti dari nama kita tersebut, bisa2 waktu kita 1 jam lebih akan terbuang percuma demi penjelasan nama asli kita.

Contoh Kasus:
A : Adınız nedir ? (nama Anda siapa?)
B : DEDEN
A : Ne ? (Apa ?)
B : DEDEN
A : Nasıl ? anlamadım (bagaimana? sy tidak mengerti)
B : De E De E Ne = DEDEN (orang Indonesia mengeja namanya)
A : ?%&+^'!?/&+^'! (bengong)
Note: dalam bahasa Turki, Deden artinya Kakekmu (mbah mu) xixixi

Maka dari itu saya kalau ketemu dengan Orang Indonesia saya sebut nama asli SRİ, kalo ketemu sama orang Turki saya sebut ZEHRA, hehe

Nah apakah kalian juga memiliki nama Turki?

1 comment:

  1. nice info, rela ga rela juga sih ya sebenarnya. saya ingin tetap pakai nama asli saya aja deh

    ReplyDelete