Tuesday, December 9, 2014

Tahu Bandung made in Turkey...

Apa yang terlintas di benak kalian jika membaca judul diatas?
Gak mungkin lah masa Turki memproduksi Tahu Bandung, yang jelas kebab lah.. kebab made in Turkey... hihihi

Yaa, itulah yang terjadi, awalnya karena sering praktek bikin tahu sendiri dirumah, dan kemudian kangen dengan Tahu Bandung, saya asli Bandung, makanya selalu kangen Tahu Bandung, tahu empuk dengan rasa gurihnya, bikin ngangenin.

Praktek tahu pertama kali hanya 500 gram kacang kedelai, begitu seterusnya, hingga akhirnya, salah satu istri diplomat Indonesia yang bertugas di KBRİ Ankara Turki penasaran dengan tahu bandung saya dan ingin mencicipinya, akhirnya saya memberikan contoh tahu kepada beliau, dan tanpa disangka-sangka beliau suka dengan Tahu Bandung buatan saya.

Suatu hari, tiba-tiba ada pesan masuk ke Whatsapp saya, dari beliau, beliau menyatakan niat beliau untuk memesan 100 tahu Bandung kepada saya, untuk acara Asian Cuisine, mewakili Indonesia awalnya saya tidak yakin bahwa saya bisa mengerjakannya, karena sebelumnya saya membayangkan repot nya pembuatan tahu walaupun hanya 500 gram kacang kedelai. Tapi dengan mengucapkan Bismillah dan juga dukungan dari suami, akhirnya saya menyanggupi pesanan beliau.

Mulai dari mencari kotak plastik untuk cetakan tahu dan kotak untuk menyimpan Tahu Bandung yang sudah jadi, saya dan suami menjelajah toko plastik yang berada di dekat lingkungan rumah kami, dan akhirnya kami menemukan kotak plastik yang dirasa cukup sebagai cetakan dan tempat tersebut. Alhamdulillah.

Tiba waktunya pembuatan Tahu Bandung, dimulai dengan merendam kacang kedelai sehari sebelumnya, hingga proses menghancurkan kacang kedelai, menggunakan mesin cincang, dan lalu memeras menjadi susu kedelai, menggodoknya hingga mendidih, lalu mencampur dengan cuka dan mencetak kedalam cetakan tahu, dan mulai merendam lagi kacang untuk proses esok harinya.

Alhamdulillah suami menemani saya walaupun tidak membantu secara langsung, namun suami saya ikut mendampingi, sengaja tidak tidur hingga larut malam, kebetulan waktu itu menjelang weekend, sehingga esok harinya suami tidak berangkat kerja. Pagi harinya saya lanjut pemotongan tahu dan perendaman kedalam air rebusan kunyit dan garam, satu kotak menghasilkan 45 potong tahu Bandung. Lanjut lagi dengan kacang yang kemarin malam sudah di rendam, sama dengan proses sebelumnya, hingga akhirnya menghasilkan pesanan tahu bandung sebanyak 100 buah.

Tahu Bandung 100 buah siap diambil oleh beliau, semoga Tahu Bandung buatan saya tidak mengecewakan. Hingga saat ini, beliau menjadi sering memesan Tahu Bandung kepada saya.

Banyak juga teman-teman yang mengirimkan pesan kepada saya, penasaran dengan Tahu Bandung yang saya buat, menanyakan apakah bisa dikirim lewat kargo, saya jawab, dengan sangat menyesal, saat ini hanya menerima pesanan dalam kota saja, dengan syarat harus diambil kerumah, tanpa kargo. Karena, saya masih tidak tahu cara untuk mengirimkan pesanan tahu melalui kargo supaya tahu Bandung yang saya buat bisa sampai dengan selamat kepada pemesan (tidak rusak dan tidak basi).

Rejeki yang tidak terduga.
Jika Allah sudah menghendaki memberi rejeki kepada kita, maka rejeki itu akan sampai kepada kita melalui pintu yang tidak kita duga sebelumnya.

No comments:

Post a Comment