Monday, November 10, 2014

Langkah2 yang harus kita lakukan jika tinggal / menetap di Turki ;

Langkah2 yang harus kita lakukan jika tinggal / menetap di Turki ;

1. Sebelum pergi ke Turki, jika tinggal di istanbul, sebaiknya ngurus visa yg 3 bulan. Karena randevu utk ikamet di istanbul suka penuh, rata2 randevu di dapatkan 3 bulan setelah daftar, untuk jaga2 spy kita tinggal di Turki dgn aman. Jd sebelum ikamet diproses kita msh ada hak utk tinggal dgn visa yg masih berlalu.

2. Lapor diri ke KBRI atau KJRI, nanti data kita tercatat sbg WNI yg tinggal di Turki. Dan akan mendapatkan cap lapor diri di passport kita.

3. Segera urus sigorta (asuransi) di kantor SGK. (Salah satu syarat mengurus ikamet juga).

4. Segera dapatkan Aile Cüzdanı, dr Nüfus Müdürlüğü setempat, jika kita menikah di Indonesia. Kalau nikah di Turki otomatis akan dpt Aile Cüzdanı. (Salah satu syarat mengurus ikamet juga).

5. Mengurus surat kelakuan baik (adli sicil kaydı) di kantor pengadilan setempat. (Salah satu syarat mengurus ikamet juga).

6. Segera mengurus ikamet (ijin tinggal) sebelum visa habis.

6. Usahakan membuat rekening atas nama sendiri, untuk kemudahan kita di Turki. Syaratnya mudah, tergantung bank-nya.

Catatan:
Bawa selalu semua surat2 berharga tsb kemanapun kita pergi, walaupun hny sekedar ke market terdekat. Karena, walaupun Turki sdh online, jika kita ditanya oleh polisi ttg ikamet / ke-legal-an kita tingal di Turki, kita bs segera memperlihatkan identitas kita (passport / ikamet / Aile Cüzdanı). Polisi yg beredar di jalan gk mungkin ngecek online.

Semoga Bermanfaat !

2 comments:

  1. Bersyukur bgt nemu blog nya teteh :D
    Makasih bgt teh atas pengalaman nya yg uda di share. bermanfaat sekali utk saya pribadi.hehehe
    doain smoga rencana pernikahan saya tahun ini bisa terlaksana ya teh.biar bisa ketemuan nih sama teteh.heheehe

    ReplyDelete
  2. Makas ya mabk utk tulisannya sangat bermanfaat. Ad rencana mau sekolahin anak di turki. Doain biar bisa ketemu sama mbaknya

    ReplyDelete